1. Menu File, Sub Menu File
•New : Membuka dockument baru yang masih kosong
•Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
•Close : Menutup dokumen
•Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
•Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
•Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
•Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
•Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
•Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
•Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
•Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
•Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
•Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
•Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. Word
•Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
•Close : Menutup dokumen
•Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
•Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
•Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
•Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
•Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
•Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
•Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
•Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
•Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
•Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
•Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. Word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor halaman
• Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File : Menampilkan toollbar markup
• Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
· Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
· Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dokumen aktif
· Bullets and Numbering : Menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
· Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran
· Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
· Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
· Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
· Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
· Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
· Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
· Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen
· Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
· Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame
· Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
· Style and Formating : Mengubah style dan format
· Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
· Object : Memformat suatu objek
6.Menu Tools, Sub Menu Tools
· Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
paragraf dalam sebuah dokumen
· Language : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
· Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
· Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
· Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
· Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
· Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya
· Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
· Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
· Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard
· Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri
· Template and add-ins : Mengatur tampilan template
· AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis
· Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu dan toolbar sesuai keinginan
· Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
· Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
· Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
· Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
· Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
· Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
· Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
· Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa table
· Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
· AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secaraotomatis
· Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
· Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
· Sort : Mengurutkan data atau teks
· Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
· Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada table
· Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
· New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
· Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
· Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
· Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word
· Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
· Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
· Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
· Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
· About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar